Jumat, 16 Februari 2018

Bertumbuh Atau Punah ? Pilihan Ada ditangan Kita



Bertumbuh Atau Punah ? Pilihan Ada ditangan Kita
Dalam hidup ini, segala sesuatunya bersifat tumbuh, apapun itu. Mari kita lihat sekeliling kita. Mulai dari tetumbuhan, hewan hingga manusia. Semua bertumbuh. Mulai dari jumlah sel hingga bagian tubuh lainnya. Bertumbuh merupakan kata kunci penting bagi kehidupan.

Jika kita bercermin pada kehidupan pribadi kita, tanyakan pada diri sendiri apakah kita selalu bertumbuh? Secara biologis, sel tubuh kita selalu bertumbuh dan terus memperbaharui diri. Namun tanyakan pada diri kembali, apakah pemikiran kita, pemahaman spiritual kita juga sedang bertumbuh?

Banyak orang puas setelah menyelesaikan pendidikan sekolah. Mereka seperti “pensiun belajar”. Padahal, belajar itu tak mengenal usia. Setiap hari kita diajarkan oleh semesta untuk terus memperbaharui diri, mulai dari cara kita berpikir hingga cara kita memahami kehidupan dari sisi spiritual.

Belajar itu seperti makan. Jika kita mogok makan maka kehidupan biologis kita bakal terancam. Tubuh kita akan sakit akibat tak mau makan, sementara tubuh memerlukan makanan setiap hari untuk bertumbuh.

Apa jadinya jika tubuh intelektual kita tak mau makan? Pun sisi spiritual kita? Maka bisa dipastikan bahwa keduanya akan sakit. 

Dan apa yang terjadi? Itu pasti sangat menyakitkan. Pemikiran dan spiritual kita bakan mengalami kelaparan intelektual dan kelaparan spiritual. Pikiran dan hati kita jadi kurang sehat, sehingga perlu diberi makan yang bergizi.

Hidup ini perlu bertumbuh. Kita sepakat bahwa dalam diri kita ada kebutuhan yang harus kita penuhi, mulai dari kebutuhan biologis, intelektual hingga spiritual. Semuanya perlu kita perhatikan agar lebih sehat dan kuat. 
Tak heran banyak orang yang secara biologis mengaku sehat tapi secara pemikiran dan spiritual mengalami kekurangan gizi akibat kurang asupan makanan. Pada tiitik inilah kita harus menyadari bahwa kondisi ini tak boleh terlalu lama dibiarkan.
Pertumbuhan yang baik akan berdampak pada banyak sisi. Jika pada sisi biologis maka tubuh akan makin bugar dan sehat, sementara pada sisi pemikiran dan spiritual akan berdampak pada efek yang sama. 
Marilah kita terus belajar untuk memperbaiki ketertinggalan yang selama ini belum kita sadari. Semoga kualitas hidup kita makin lebih baik dari waktu ke waktu. Salam bertumbuh setiap saat.